•  
  • Perpustakaan IAIN Antasari
Minggu, 12 Oktober 2014 - 16:21:58 WITA
Bimbingan Teknik Membaca Efektif
Diposting oleh : Akhmad Syaikhu
Kategori: Pelatihan - Dibaca: 1117 kali

Di tengah derasnya arus informasi seperti dewasa ini membuat keterampilan membaca setiap orang semakin dituntut. Tanpa memiliki keterampilan membaca yang baik, dapat diibaratkan seperti orang yang tidak mahir berenang, ia akan mudah tenggelam dan terombang-ambing diseret arus. Demikian dikatakan oleh Akhmad Syaikhu, S.Ag., SS, MSI Kepala Pusat UPT Perpustakaan IAIN Antasari.
Kepala Pusat UPT Perpustakaan juga mengungkapkan hasil laporan Bank Dunia nomor 16369-IND dan Studi International Association for Evaluation of the Education Achievement di Asia Timur menyebutkan bahwa tingkat kemampuan membaca anak-anak di Indonesia dipegang oleh negara Indonesia dengan skor 51.7 di bawah Philipina dengan skor 52.6, Thailand 65.1, Singapura 74.0 dan Hongkong 75.6. Hal ini juga diperkuat artikel pada harian Kompas yang menyebutkan  kemampuan anak-anak Indonesia dalam menguasai bahan bacaan yang sangat rendah, hanya 30% (Kompas, 22 April 2002).
Berdasarkan kenyataan tersebut, Pusat UPT Perpustakaan IAIN Antasari terdorong untuk menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Membaca Efektif bagi mahasiswa IAIN Antasari.
Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan untuk meningkatkan  pengetahuan dan pemahaman  peserta tentang membaca, membekali peserta dengan dengan pengetahuan teoritis dan keterampilan teknis membaca dengan cara cepat dan efektif, memotivasi mahasiswa untuk meningkatkan minat baca dan menambah kualitas pembelajaran di IAIN Antasari.
Kegiatan Bimbingan Membaca Efektif dilaksanakan tanggal 21 Oktober 2014 bertempat di Auditorium IAIN Antasari dengan Narasumber Bapak DR. Saefuddin Ahmad Husin, MA, Dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari, sedangkan peserta yang akan mengikuti kegiatan berjumlah 300 orang terdiri dari mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, mahasiswa Fakultas Syari'ah dan Ekonomi Islam, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi, mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora serta mahasiswa Jurusan D3 Ilmu Perpustakaan.
Bagi mahasiswa yang berminat mengikuti kegiatan dimaksud dapat mandaftarkan diri di Pusat UPT Perpustakaan dengan ketentuan mengisi formulir pendaftaran, mengumpulkan biodata peserta dan pas foto ukuran 3x4 cm.

    0 Komentar :