•  
  • Perpustakaan IAIN Antasari
Senin, 13 Oktober 2014 - 16:40:06 WITA
Perpustakaan IAIN Antasari Kerjasama Dengan LP Maarif
Diposting oleh : Akhmad Syaikhu
Kategori: Pelatihan - Dibaca: 1892 kali

Peran perpustakaan sebagai sarana yang memberikan pelayanan informasi dan pengetahuan sangatlah penting di setiap lembaga pendidikan. Optimalisasi peran dan fungsi perpustakaan akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan. Oleh karena itu beberapa peraturan diantaranya PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan pada Bab VII pasal 42 ayat (2) menguatkan bahwa perpustakaan sekolah dan madrasah wajib memiliki perpustakaan. Demikian Akhmad Syaikhu, S.Ag, SS., MSI, saat memberikan materi pada Workshop Pengelolaan Perpustakaan Madrasah yang diselenggarakan LP Ma'arif Nahdlatul Ulama Kalsel bekerja sama dengan Pusat UPT Perpustakaan IAIN Antasari dan Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Selatan.
Akhmad Syaikhu mengungkapkan fakta masih banyak sekolah yang  belum memiliki perpustakaan. Saat ini Kalimantan Selatan terdapat 4.752 sekolah, sedangkankan jumlah perpustakaan sekolah 1158 buah, artinya hanya 24.37% sekolah yang memiliki perpustakaan. Dari jumlah 1158 perpustakaan tersebut dikelola oleh 11 orang yang berpredikat pustakawan. Oleh karena itu ia meminta kepada para guru yang mengikuti workshop pengelolaan perpustakaan sekolah agar memiliki kepedulian dan komitmen untuk membangun dan mengembangkan perpustakaan madrasah.
Workshop dengan pola 100 jam pelajaran ini dilaksanakan di gedung Mapenda Kanwil Kementerian Agama jalan Banjar Indah diikuti oleh 60 orang peserta terdiri dari guru-guru madrasah yang ada di empat kabupaten dan kota, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Barito Kuala. Sedangkan materi dan narasumber workshop disampaikan oleh Kakanwil Kantor Kementerian Agama Kalsel Drs. H. M. Thamrin, M.M.Pd. tentang kebijakan Kanwil Kementerian Agama  tentang Perpustakaan Madrasah i Kalimantan Selatan. Selanjutnya materi Manajemen Pengelolaan Perpustakaan Madrasah oleh Akhmad Syaikhu, S. Ag.,SS, MSI, Etika Pustakawan oleh Ahmad Syawqi, S.Ag, S.IPI, M.Pd.I, Promosi Perpustakaan oleh Ahmad Syawqi, S.Ag., S.IPI, M.Pd.I, Katalogisasi oleh Dra. Hj. Nur Jannah Rianie, M.Pd.I, Klasifikasi oleh Laila Rahmawati, S.Ag, SS, M.Hum, Jasa Rujukan oleh Muhammad Isra Hajiri, SHI, S.IPI, M. Hum, Layanan Perpustakaan oleh Juairiyah , S.Pd.I , M. Hum, Kerjasama dan Jaringa Pperpustakaan oleh Juairiyah S.Pd.I, M. Hum, Praktik Otomasi pperpustakaan oleh Nasrullah Hamidy, S.Pd.I dan Reza Fanani, ST.
Setelah mengikuti workshop in class, peserta melaksanakan praktik lapangan dengan monitoring oleh Tim Narasumber dari Pusat UPT Perpustakaan IAIN Antasari. 


0 Komentar :